"AKu yakin bila satu orang saja,yg punya pengalaman yang berbeda beda bisa menuliskan nya dalam bentuk karangan ,bayangkan betapa banyak jejak jejak hidup yang unik tersebut bisa merekam kehidupan yang tidak abadi ini dalam tinta keabadian,sebagai kado kehidupan yang ditinggalkan,mulailah menuliskannya ..."
Pages
Thursday, October 27, 2011
Pemuda Indonesia BISA!
ya..simple aja..Pemuda Indonesia itu bisa..
bisa untuk ngisi kemerdekannya!
Bisa buat bangga keluarga dan bangsanya!
bisa untuk nunjukin "gak da elo gak rame"!
Bisa untuk menjadi pemimpin yang baik!
Jadi! jangan BUANG WAKTUMU dengan KEGIATAN yang akan menjadi kanmu SAMPAH! ,mari jauhi NARKOBA ...MARI BERGERAK! PErBAIKI DIRI !
TATAP MASA DEPAN..JANGAN MINDER!...JADILAH PEMENANG! DAN PEMAIN! BUKAN PENONTON!!
Selamat bersumpah pemuda ria-gantikan tua bangka terlaknat atau pahlawan berusia senja !
Sejarah Sumpah Pemuda
Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.
Rapat Pertama, Gedung Katholieke Jongenlingen Bond
Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Dalam sambutannya, Soegondo berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.
Rapat Kedua, Gedung Oost-Java Bioscoop
Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.
Rapat Ketiga, Gedung Indonesisch Huis Kramat
Pada sesi berikutnya, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.
Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu “Indonesia” karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia, berbunyi :
PERTAMA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,
TANAH INDONESIA.
KEDOEA
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,
BANGSA INDONESIA.
KETIGA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN,
BAHASA INDONESIA
Namun dimana peran pemuda yang dalam hal ini saya ingin batasi sebagai gerakan Mahasiswa,dimana saya dan mungkin anda adalah bagian didalamnya.Saya ingin sedikit membuat sedikit paradigma bagaimana hal ihwal gerakan mahasiswa saat ini dengan segala macam jenis dan ragamnya,mungkin bisa dilihat dalam paparan yang saya yakini dan dari data data yang mungkin berupa referensi yang akan saya cantumkan:
1.Mahasiswa Terjebak dalam sistem Perkuliahan dengan dibebankannya SKS yang cukup padat.dalam hal ini M.Nuh "selalu mengharapkan terjadinya Pendidikan Berkarakter" ,mengapa? karena bobroknya sistem,mulai dari jajaran kepemimpinan,birokrat,serta bagaimana peserta didik,tidak terlepas dari konsep pendidikan yang hanya terpaut dan terfokus pada orientasi nilai (value) kognitif,dan melupakan bahwa sejatinya kita dalam sistem pendidikan harus benar2 mendidik.Dengan beban SKS yang tinggi peran mahasiswa sebagai Agent Of Change and Agent Of control .menjadi tidak maksimal.!
dari tulisan diatas kita dapat melihat beberapa pilar yang harus ada untuk di "doktrinkan" pada setiap generasi muda (pemuda) :
a.MENGINGATKAN, bahwa harus mengetahui sejarah panjang hari kelahiran bangsa! dan bagaimana Seyogyanya kita terus berupaya mengisi kemerdekaan itu,BUKAN TAKUT PADA PARA TETUA BEDEBAH yang telah CACAT MENTAL LAGI MENCACATKAN,maaf agak sedikit ekstrem,namun siapa tetua BEDEBAH yang saya maksud? mereka adalah pihak pihak yang seharus nya mendidik ,dengan cara dan sistemsemantik yang baik,untuk menghasilkan generasi yang memiliki Karakter Building yang baik disertai Nasional-isme yang baik juga.Namun,Para golongan tua terLAKNAT ini malah mencontohkan dan mensosialisasikan hal-hal KEPARAT dan tidak layak dipertontonkan para khalayak ramai.
Pertanyaannya? siapakah mereka itu?
simple saja
MEREKA ADALAH GOLONGAN YANG KINI MENJADI PEMIMPIN,di instansi manapun,baik itu pendidikan,birokrasi ataupun tataran pemerintahan,yang telah ataupun sedang (present continous) dalam proses penghancuran bngsa ,baik secara AKTIF (frontal melakukan gerakan KKN) maupun Pasif (tahu tapi pura pura tidak tahu,atau yang tak mau menjadi Tahu)..mengapa saya tekankan pada pemimpin? karena p-engertian dari pemimpin adalah
Ahmad Rusli dalam kertas kerjanya Pemimpin Dalam Kepimpinan Pendidikan (1999)
Menyatakan pemimpin adalah individu manusia yang diamanahkan memimpin subordinat (pengikutnya) ke arah mencapai matlamat yang ditetapkan.
Miftha Thoha dalam bukunya Prilaku Organisasi (1983 : 255)
Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
Kartini Kartono (1994 . 33)
Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kclebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
C. N. Cooley (1902)
Pemimpin itu selalu merupakan titik pusat dari suatu kecenderungan, dan pada kesempatan lain, semua gerakan sosial kalau diamati secara cermat akan akan ditemukan kecenderungan yang memiliki titik pusat.
Dari definisi diatas ,jelaslah bahwa PEMIMPIN adalah pusaran MAU TAIDAK MAU atau SUKA atau TIDAK suka bertanggung jawab dalam kebobrokan maupun kebaikan anggotanya (kroninya)
Jadi mari menjadi pemuda yang paham bagaimana membentuk karakter yang baik untuk bersiap menjadi pemimpin berikutnya
Wednesday, October 26, 2011
RI-RRC Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Bahasa
Jakarta -- Kerjasama bidang pendidikan Republik Rakyat Cina (RRC) dengan Republik Indonesia (RI) pada aspek pendidikan bahasa, mengalami perkembangan yang baik.
Hal itu ditandai dengan kehadiran enam pusat Institut Konfisius di Indonesia. Institut ini merupakan institut yang khusus menyediakan pendidikan bahasa Mandarin di seluruh dunia mulai dari staf pengajar, materi bahan ajar, dan sebagainya. Di lain pihak, pendidikan bahasa Indonesia di RRC juga mulai bermunculan dalam bentuk munculnya berbagai pusat-pusat bahasa di universitas.
Pada kunjungan Menteri Pendidikan RRC ke kantor Kementerian Pendidikan Nasional RI, Mendiknas M. Nuh menyampaikan, kerjasama ini akan ditingkatkan dari aspek pendidikan kebahasaan menjadi seluruh pendidikan dan kebudayaan. “Kami berdua sepakat untuk segera membentuk kelompok kerjasama untuk menyusun kegiatan di bidang pendidikan, dan kebudayaan, mencakup program, dan capaian yang akan dievaluasi pertahunnya,” ujarnya di Gedung A Kemdiknas, Jakarta, Senin, (17/10).
M. Nuh menambahkan, pendidikan bahasa Mandarin memiliki tiga kendala untuk meningkatkannya, yaitu aspek karakter (tulisan), bahasa, dan pengucapan. “Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa dan tulisan dalam pendidikan bahasa Mandarin sangat berbeda satu dengan yang lain,” jelas Menteri Nuh. Sehingga, Kemdiknas akan tetap melanjutkan pemberian bantuan fasilitas pendidikan Mandarin di Indonesia kepada Institut Konfisius. Kemdiknas juga akan tetap melanjutkan kerjasama dengan RRC guna memperluas kesempatan untuk mempelajari bahasa Indonesia di RRC.
Kunjungan ini juga dihadiri Atase Kebudayaan Shao Yiwu, Deputi Dirjen Pendidikan Tinggi Shi Pengjian, Deputi Dirjen Kerjasama Internasional Liu Baoli, Deputi Dirjen Kebijakan dan Hukum Ke Chunhui, Deputi Dirjen HANBAN (kantor pusat bahasa Mandarin) Wang Yongli, Sekretaris Atase Kebudayaan Kedubes RRT Yang Xiaoqiang, Sekretaris Wakil Menteri Pendidikan RRT Chen Dali, Staf Dit. Asia Afrika Ditjen Kerjasama Internasional Li Qi. *** (Grace)
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/92
Program Pendidikan Keaksaraan untuk Pengentasan Buta Huruf
Program Pendidikan Keaksaraan untuk Pengentasan Buta Huruf
sumber:http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/98Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan terus melanjutkan program pendidikan keaksaraan. Diharapkan, angka buta huruf di Indonesia bisa turun secara signifikan.
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) turut meramaikan Hari Aksara Internasional ke-46 dengan mengadakan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut di antaranya pameran, diskusi, dan pertunjukan seni.
Hari Aksara Internasional ke-46 mengambil tema “Aksara Membangun Perdamaian dan Karakter Bangsa”, dengan sub tema “Melalui peringatan Hari Aksara Internasional ke-46 kita tingkatkan kualitas SDM yang berkarakter dan berbudaya damai”.
Dalam pidatonya saat pembukaan pameran di Gedung D Kemdikbud, Kamis, (20/10), Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, pendidikan keaksaraan sangat penting bagi masyarakat dunia pada umumnya, dan masyarakat Indonesia pada khususnya. Saat ini terdapat sekitar 800 juta penduduk dunia yang masih buta huruf.
“Indonesia bisa menurunkan angka buta huruf secara signifikan. Tapi itu juga tidak cukup untuk melepaskan diri dari program keaksaraan,” ujarnya. Ia menambahkan, angka buta huruf di Indonesia mencapai 8,3 juta, dan sebagian besar merupakan kaum perempuan.
Karena itu ia berharap, program pendidikan keaksaraan dapat berjalan dengan baik, salah satunya melalui kelompok belajar seperti PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Kelompok belajar bisa membantu program pendidikan keaksaraan dan memotivasi timbulnya ide-ide kreatif untuk industri kecil.
Hamid menuturkan, ada tiga tujuan dilaksanakannya program pendidikan keaksaraan di Indonesia. Pertama, untuk membebaskan penduduk dari buta aksara. Kedua, untuk memberikan bekal hidup berupa keterampilan. “Dan yang terakhir, untuk menyelipkan pendidikan karakter agar masyarakat dapat hidup damai dan tenteram”. (Lian)
Pendidikan tinggi
Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi merupakan lanjutan dari jenjang pendidikan menengah.
Dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 19 dan pasal 20 diatur tentang pendidikan tinggi yaitu:
Pasal 19
- Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi.
- Pendidikan tinggi diselenggarakan dengan sistem terbuka.
Pasal 20
- Perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan pendirian dan dinyatakan berhak menyelenggarakan program pendidikan tertentu dapat memberikan gelar akademik, profesi, atau vokasi sesuai dengan program pendidikan yang diselenggarakannya.
- Perseorangan, organisasi, atau penyelenggara pendidikan yang bukan perguruan tinggi dilarang memberikan gelar akademik, profesi, atau vokasi.
- source:http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/Pendidikan_Tinggi
Pendidikan Keaksaraan Tak Sekadar Ajar Baca Tulis
Pendidikan Keaksaraan Tak Sekadar Ajar Baca Tulis
Pengajaran paket modul mengenai cara hidup berdampingan dengan masyarakat berbeda agama, kultur, dan sebagainya akan diajarkan dalam program keaksaraan.
Jakarta --- Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad menyatakan, pendidikan karakter jangan sekadar mengajarkan baca tulis dan berhitung tapi lebih kepada mengajarkan masyarakat untuk hidup bersama. Konflik horizontal yang dihadapi masyarakat Indonesia sangatlah beragam. Oleh karena program keaksaraan ini memiliki cakupan luas di masyarakat, kementerian dapat menjalankan kewajiban untuk mendidik masyarakat yang bukan hanya sekedar baca tulis tapi juga ikut menjaga ketenteraman. “Harapannya, setiap persoalan kecil tidak gampang berujung jadi konflik dalam masyarakat,” katanya dalam pembukaan pameran HAI di Gedung D lantai 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (20/10).
Hamid menambahkan, “Pengajaran paket modul mengenai cara hidup berdampingan dengan masyarakat berbeda agama, kultur, dan sebagainya akan diajarkan dalam program keaksaraan.” Hal ini sebagai langkah kongkret kementerian untuk mewujudkan keaksaraan yang membangun perdamaian dan karakter bangsa.
Pembukaan pameran juga disertai dengan dialog bertema “Aksara Membangun Perdamaian dan Karakter Bangsa” dengan narasumber pemuda inspirator dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ruang Publik, dan peserta didik, peragaan busana, penampilan, dan demo keterampilan dari para peserta pameran. Pameran akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 20 Oktober 2011. (gloria)
sumber:http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/100
Aksara Membangun Perdamaian dan Karakter Bangsa
Puncak peringatan HAI dimeriahkan penampilan kesenian Kentrung dari Jawa Timur, dan berbagai tarian diantaranya tari Bali yang dibawakan oleh penari-penari dari ary suta center. Kebudayaan dari Jawa Timur dan Bali dipilih sebagai pengisi acara dalam acara ini dikarenakan kedua provinsi tersebut merupakan provinsi yang angka tunaaksara nya masih tinggi. Usai acara seremonial, Mendikbud beserta tamu mengunjungi pameran hasil karya industri rumah tangga dari berbagai daerah. (aline)
sumber:http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/101
Tuesday, October 25, 2011
Disjeksi,antara pengamat dan pemimpi
Ada setumpuk cerita di Batu Karang Bayard di Dinant,
cerita tentang kebijakan raja Louis disana
..
ada pula catatan kecil di "MATA PENA"
bongkahan kebenaran PADAdoks diantaranya
..
Dan diantara dua pengibaratan itu..
kukecup 2 Gambar di dalam selipan catatannya
..
Rembulan mulai menghindar
menatap ku dengan Sinis..
seolah tak puas dengan Wolferine yang lolongannya gambar kan kesepian tiada tara
..
Aku bertanya
bila Rindu ini masih milik dia yang kuasai subuh ini
..
bantu aku
..
Terkadang batin ini bak embun di pagi buta
Yang kau ceritakan
ya kau ceritakan
Disjeksi..
aku mengalami metafora seribu bahasa
yang kiasannya mampu lalui Dirgantara
Aerospace-Austro Nautics
ha,,
Semua mmemang berbeda
Di ketinggian 35000 kaki
ya..
Aku menikmati
Saat
Dislalia yang kurasa bila tertegun saat berada tepat diantara jarak batas minimum
bukan intim
sekitar kurang lebih 5 meter
di Miftahul Jannah
..
Aku butuh Dikumarol.
Zat antikoagulan yang mencegah pembekuan Hemoglobin ku
Bila tatap tetap derap langkah berbinar di samping jelaga itu
..ya dikumarol
..
Atau di saat itu aku akan "mendim-dim"
proses pengurangan cahaya bila ada dua benda becahaya di peraduannya
-
aku ingin bersama-disetiap waktu..
Aerospace..
--
Namun..Apatah daya..
Darah ku semakin lama semakin dipengaruhi oleh
DIROFILARIA...yang coba rusak sistem kerja imunku
Saat aku coba aktif kan sistem kendali parsial ad hoc ..
aku Serigala yang butuh kan rembulan di tiap malam
Walau siang hanya akan hauskan darahku
ya..
Dirofilaria..
ingin catatan ini kuungkap sebagai sebuah
Disertasi dan kerana batinku adalah Promovendus di Cambridge University
Disaat Disfagi..cegah aku telan apapun yang ingin kurasakan pada mu
..
Guest what.?nothing!
foto:Yogyakarta,bersama alumni sman pintar kuansing ,pas ikut symposium nasional di UGM selaku utusan Provinsi Riau
Ketika Kita harus menjerit-Riwsa Otnayiriw
Ketika Kita harus menjerit
menjeritlah..
diantara parit parit lelimbahan negeri
Ketika harus menjerit
menjeritlah
Menjerit walau harus berlari terbirit birit
haha..
Sambil membawa arit
terkadang untuk mengingatkan ..
Nabi butuh lebih dari saekedar perang..
Namun
janganlah lupa
Roda pedati selalu berputar..
pastikan bila nanti kau berada diposisi yang sama
Jangan sampai memakan kotoran diri sendiri
Namun
bila kau belum dalam Percikan Api Api dari sistem Kafir
Tetapkan Komitmen
larilah terbirit birit membawa Arit
diantara hijau hitamnya parit parit
lalu..
menjeritlah...
ya
menjeritlah
Foto :ketika Aksi demonstrasi peringatan 7 tahun kepemimpinan SBy dan 2 tahun kepemimpinan SBY Budiono. oktopber 2011 di Tugu selais Negeri bertuah..entah negeri berhala)
Malam tak lagi bisa dipercaya..
Kemarin senja pun tak lagi dapat bergantung
Lanun demi lanun di negeri ku ini bersayap patah
Saat rakyat jelata menjilati nanah nanah seantero kotorannya
Manusia
Hewan cerdas ciptaan Nya yang sempurna
Kini semakin banyak berbuat Punah seperti kaum terdahulu
Ulama Islam,Pendeta Nasrani dan Rabi yahudi bercarut marut
Tindih menindih ,.
Tetatih tatap zaman yang teropname kan oleh laknat berwajah Setan
Nmun indah berkulit permata..
Malam tak lagi bisa kupercaya..
Mungkinkah bidadari dunia yang elaborasi fatamorga alm mimpiku
Saat senyumku tersungging mengenangnya
Tak ubahnya seperti pramuria di Arengka sana
Ia sudah berkilah dri takdirnya
Atau bahkan aku yang tak mampu baca Artikel tubuh nya
Isyarartkan ia tak se suci Sarah nya Ibrahim..
Tak seindah Hawanya Adam
Semua tertanah..
Saat rintik hujan tak lagi bersamaku
Sunyi senyap perlahan temaniku
Pemikiran yang Hasilkan Impian ini
Harus segera kukuliti secara perlahan,lalu kuncingcang dengan garis tangis dalam sepi yang mencuat..
Mercusuar keberangkatan ku kepelabuhan terakhir harus menjadi atap..
Zaman memiliki tokoh centra
Pemeran antagonis dan Protagonis akan selalu ada
Aku ingin mengirimkan SMS kepada Tuhan dan tanyakan tigas para malaikat..ingin kuubah tugas dan memorandum para malaikat
Ketidak adilan
Aku ingin kan Malaikat,dan Gabriel segera mengutus Ulama yang bergerak tanpa kepentingannya..
Tuhan turunkanlah Pemimpin para nabi,,
Bukan pelaIblis Berkilah yang bertopeng diantara Tunas muda yang akan kau semai
Atau turunkan Azab kala Nabi Loth...
Biar malam tak lagi sepikan ku
Dan Rintik hujan kembali berpihak padaku
Yang berlabuh ke kedamaianya
hidup adalah tiket menuju kematian
untuk apa takut hadapinya
Engkau gadis bermata jeli..
nantipun kau akan jadi tua renta
haha
manisku
tak sadarkah kau bahwa paramu hanya Bualan di senjaku
namun aku butuh kehadiranmu untuk teman bagiku jemput tiket ke keabadian
matilah bila itu yang kau inginkan
namun berjuanglah perbaiki bakteriofage dalam setiap patri dari kalamullah
sudahlah.
Kau ciptakan aku dari tiada
Mulai dari tanah kembali ketanah
dengan usia yang 20 tahun sudah jkujalani
tambah kortingan karena malam tuntut aku untuk lelap dalam tidurmu
aku ingin angin menyelimutiku
aku ingin fajar hangatkan tubuhku
Surat dari ku tuhan
bila Nanti 1000 generasi setelah ku belum merasakan kiamat
tolong melalui Jibril kau tunjukkan bahwa dahulu aku pernah hidup
menghelas napas di tiap hari ku
menyesali takdir haru biru mengapa aku terlahir
di dunia
Surat dariku tuhan
ingin aku mati saat ini juga
bila dalam sebuah lembaran ku baca Qur'an dan Hadits dari HambaMu Muhammad
yang telah berjuang cerahkan makluk bumi
Surat dari ku tuhaN
bila nanti 1000 generasi baca suratku
ingatkan mereka
bahwa hidup hanyalah cerita
dan pandai pandalah kita mngisahkannya
satu Dari ku tuhan
Selain Hidup adalah sebuah cerita
dalam ceritanya terdapat cinta
bila aku inginkan petuah dari betara di sudut kuol penganut pagan
aku ingin surat dari dia yang kukagumi dalam penciptaanmu
Surat dari ku Tuhan
Selain cerita dan bualan senja
hidup bagiku adalah tempat
untuk ku merayuMu tuhan
agar rahmatmu
tak kau sempitkan bagi ku dan kuburku
Surat dari ku Tuhan
Aku CINTA..
cint.
CINTA
omong kosong yang Tercipta dari Otakku yang kosong
namun
Cinta adalah cerita tersendiri dari ku tuhan
ijinkan aku
memiliki Cinta
cinta
cinta
tak lama setelah
itu
Matikan Aku dalam Penyesalanku
dengan semu keegoisanku
cinta
ya
aku
ingin
cinta
hehe,,,
Thai-Wiriyanto aswir
KAU
Kau..putri dari mesopotamia berkerudung jambu
Meniti senja dengan sedih mu
Sedang aku masih terperanjat diantara lekukan batu tanah fir’aun
Kau
Balqis angkuh yang mengagumkan
Indah mu tak selaras dengan rembulan
Namun,aku masih kagumi kau dari kaki langit di senja negeri suliki
Kau..
Indah ya begitu indah
Hingga entah mengapa dahulu Iblis sesakkan ku untuk berdiam sepi tapi pamrih
Kau
Tulisan berukir darah diantara prasasti manusia mana yang tak kupahami
Kau..
Ah sudahlah
Naif sungguh naif..
Bila aku hanya kagumi kau di balik tirai besi yang kucipta dalam autisku
Kau
Ingin ku tebas leher para kesatria yang ada disekeliling kau
Namun konsep dan doktrin ajarkan ku
Tata krama! Dan tapal batas hidup meretas
Aku marah pada ketidak adilan ini
Mengapa terjebar dalam bingkisan ini
Mengapa saat terlahir tak ada konfirmasi untuk ku
Aku tak puas dengan ini
Aku ingin kau disamping ku namun
Minyet minyet tua sudah terlanjur berbungkus malu padamu
Aku marah dengan kondisi ini
Hingga bait per bait tak bisa ku ampuni
Aku ingin terbang lepas
Mati berkalang tanah
Diantara tongkat sulaiman negeri tanpa tuan
Aku ingin Rayap sulaiman datangi ku malam ini
Biar ia kuliti
Aku marah
Aku marah
Dalam senyumku..
Tertawakan
Paras iblis Berhalang bambu
Tertawakan parasku
Paras nestapa Bercermin debu
Kau
hehe
Gadis Proto Melayu
Gadis Proto Melayu
Ribuan konsep telah terulaskan oleh ribuan tahun lalu
setiap generasi selalu dihadapkan pada pilihan
Musa tetap memilih kontra-terhadap kuasa Fir'aun
Ibrahim tetap stay consitence Pada pilihannya melawan Azar dan Namrud Babylonia
Dan tak jarang pula mereka yang bertualang dengan oposannya berakhir tragis
AKu bahkan Acungi miliyaran jempolku
buat Hitler dengan pilihan Fasisnya
walau harus terlaknat mungkin dengan neraka karena Yahudi yang dikremasinya
Bahkan Satu jempol lagi untuk sang terlaknat Mustafa kemal Pasha
runtuh kan kabinet islamiyah di turki sana
entahlah
Juga tak kalah dengan pilihan Soeharto
hanya dengan gelar Mayor jenderal
berhasil rancang konspirasi dengan melangkahi Jenderal jenderal diatasnya melalui informasi intelijensia CIA
entahlah
aku hanya mampu berentah entah
Juga tak kalah serunya ketika tumpahan darah di bangkai oleh
Gengis Khan
penganut dan pengubah peradaban
Kubilai khan dan sebagainya
Atau kah aku harus terjebak dengan
Tindakan Paus Roma yang mendeklarasikan Perang Salib?
Ah sudahlah
terkekehpun aku bicara
Gadis gadis suci yang beranak pinak yang tinggal tulang belulang ulah kengerian tabitr hitam manusia memang mungkin sudah terhapuskan
Lewat Cahaya Muhammad SAW
Pria Cerdas yang mampu ubah Dunia dalam kurun waktu 23 tahun
luar biasa!
luar biasa!
Tentang piramid di mesir
Amenhotep dan Cleopatra disana
inginku tertawa geli mendengar kisahnya
dibalik senarai darah tetap lah cinta ada di baliknya
Tentang Ibrahim dengan Sarah nya
menghasilkan Ishak yakub dan musa
haha..
Tentang kerasulan MuhammadSAW,
dan aku iri mendengar kisah nya
betapa ingin nya aku didampingi Khhadijah..
ya
khadijah
disaat tubuh abiku ini meriang karena Jibril tampakkan wujudnya
aku iri ..atau mungkin lebih tepatnya bercemburu ria
saat metapa keluar jedela subuh ini
Aku bingung..Apakah aku harus Mesopotamia? ataukah palestina
menemukan Paras Khadijah dan Sarah di timur tangah sana..
tak mungkin
Cukup bila aku menemukan Gadis Melayu yang neo -traditio..
aku mungkin sudah temukan gadis berperawakan Siti Nur haliza
eh bukan siti nurbaya
haha..
Tuhan tuhan....
entah elegi apa yang pengaruhi otak kosongku..
aku ingin gadis Proto melayu temaniku
aku ingin..
oh bukan..
Tuhan Aku Butuh,,
Seorang Soekarno tanpa Fatmawati mungkin hanya tionggal kenangan,walau bininya entah berserak-serak
Namun aku ingin gadis Proto melayu
oh bukan
Aku butuh
akubutuh
haha...
Kabulkanlah
Dia yang berjilbab di sudut Masjid sana
mengenakan jubah kesederhanaan
Tetap bertahan di Abad Kontemporer..
tetap tanpa berkilah keteguhan imannya diantara fitnah
Aku butuh
heahaha
sungguh tawa geli rasuki batinku yang tnang bila di samping gadis proto melayu
terkonkonsep dari milyaran dktrinku
AKU BUTUH AHWAT
BILA HARUS MENJADI SEORANG IKWAN..
AKAN-KUIKHWANKAN DIRIKU
AHHAA
Preman kok berangan 2 jadi ikhwan
tapi ketika Aku baca sejarah Umar bin Khattab
sepertinya Aku jauh lebih indah
Menjadi Preman di abad kontemporer
dan Raih bidadari ku dengan jalanku
Yakin Usaha Sampai
Dan Allah..
Mudahkanlah
serak serai senarai senja
masih remangkan angan anginku
biarlah semuar tau adanya
diriku kini sendiri
gulali laligo lugagi gulila lu no
Permainan unik dimainkan bersama tunas muda ringkik bukit Suliki
Aku menerawang di balik semak tanpa daun
bilang saja pada semua
biar semua tau adanya
Diriku memang sendiri
Pergi menyusuri belukar
pergi melepas ketahuan adanya
diriku memang sendiri
dan bila angin senja ratapi ketahuanmu
bahwa ia menepis kesetiaan
aha
hau hau
kumenolak
karena ku tak ingin kau tau Rimbunan pagi dengan embun buta nya
Terlalu banyak
namun kumenolak
kerana nadir nadir di bawah remang remang kelabu elegi ingatanku
Saat kau ingat aku ku ingatkau
Rindu dan rasa berlabuh di perapian ,renadaman kalbu..
Yg terbaik tetaplah menjadi Putih
Percaya pada angin senja malam ini
maka
Tak kan sedih hatiku
Nomeklatur dilematika ,Suliki okt 2011-saturday
Aku berdiri tanah Tan Malaka
Menatap dengan gagah di puncak bukit tanpa rindangan air
Tanpa MadiLOGnya
terasa Desa Ini semakin menggemaskan
Tan..
Malaka
Madilog
Serta anggapan anggapan angin dengan seribu hujaman untuknya
Dilematis Kritis
Buku setebal ,5 Cm
menjadikan aku semakin kegirangan mengunjungi negeri bebal penuh misteri ini
Selain perbukitan yang menghujam jurang ditanah subur berliku..
Aku menyangsikan keberadaan tokoh nasionl yang pernah gemparkan negeri ini
yang pernah kaderkan Pion pion negeri ini
Melalui gerakan separatis dan pemikiran yang frontal
Mampu menandingi
pelacur Intelektual Masa Lalu
Catatan yang kubuat ini sebagian dari hal hal yang harus ku petik untuk di bawa ke Negeri Bertuah
ya negeri seribu Berhala!
Suliki..
Nomenklatur Dilematika dengan Tanah yang telah lahirkan tokoH BESAR
negeri dan desa yang tak begitu rapat penduduknya
Kicauan burung seantiasa mencaci ku
Kerbau dengan Lintah di badannya mencibirku
Wahai Ryan,
mampukah negeri bertuah mu yang kaya akan minyak menjadi kan tokoh seperti desa kami?
Aku hanya Mampu menjawab
..
entahlah...
namun Peserta KBM ILMU PEMERINTAHAN UR
siap menjadi kader berikutnya
..
dengan segala kontraversial pemikiran yang paradoks
aneh memang bila kita mengutuk keberangkatan ini
..
intinya
aku pribadi merasa
Aku dapatkan apa yang kuinginkan di Desa Tan Malaka!
Suliki
Sebuah nomenklatur Di-lematika
Setidaknya ..
Tanah ini pernah lahir kan sosok Pemikir Intelektual yang beda dan bukan Penjilat penjilat di negeri berhalaku
namun
ingatlah
Output ini akan buktikan
Siapa tahu? siapa menyngka?
Takkan Melayu hil;ang dibumi(tenas Effendi)
sekali lagi
Suliki...
takdir buktikan bahwa
"Akar tak pernah lupa dengan daunnya"
KBM 2011-didukung penuh hingga oleh peserta KBM 2003
Nomenklatur Dilematika
Forza HIMIP!
Demensia-kontra produktif
Ada Kisah yang terlintas dalam sejarah, Ada Racikan bisu di tiap tatarannya,namun Kita memang tak akan pernah bersatu lagi tampaknya,
Ada ribuan syair di karang filsuf arab,ada ribuan teori dikeluarkan Filsuf Yunani..Namun tak satupun Bait dari carik kataku dapat balikkan engkau ke sisiku..
Ada ribuan Skenario untuk rancang Kudeta berdarah..Ada ratusan gerakan pemikir poembaharuan..Namun untuk dirimu tak satu pun angan ku mampu Jalankan takdir yang harus ku lewati...Aku bukan ingin mengkritik tuhan yang ciptakan aku dalam rangka ini...Yang tak sepadan dengan kau wahai dewi -gita...
Bila dahulunya Nutfah bisa ku rekayasa..
Aku ingin rekomendasikan tampannya Yusuf buat diriku..
--aku inginkan Kekarnya Musa untuk ku--aku inginkan Kekuasaan Sulaiman menghapiriku--aku inginkan ketabahan Ayub untuk nadirku--dan aku ingin kau bak' Balkis yang bisa kutundukkan dengan kuasaku--aku inginkau bak Sarah yang dampingi Ibrahim--namun ku kenang--"tiap zaman ada tokohnya-tiap tokoh ada masanya"--kini dara dara rembulan...[pergilah kau lepas dan terbang jauh--daripada aku harus hanyut dalam anganku,lebih baik aku harus semai bibit bibit batinku dengan Merak yang kini sedang jaga "senyum'annya untukku,,,,
Monday, October 24, 2011
TUGAS INDIVIDU NAMA : WIRIYANTO ASWIR JURUSAN : ILMU PEMERINTAHAN 2010 FISIP UR MENELISIK KONSEP Change Manajement dalam reformasi Birokrasi
TUGAS INDIVIDU
NAMA : WIRIYANTO ASWIR
JURUSAN : ILMU PEMERINTAHAN 2010 FISIP UR
MENELISIK KONSEP Change Manajement dalam reformasi Birokrasi
Sejak reformasi ’98 mencapai puncaknya,sejumlah perubahan signifikan mulai bergulir.Ditandai dengan tuntutan kepada B.J.Habibie untuk dapat menggagas perubahan tersebut dalam kondisi masa yang tengah mengalami krisis multidimensi dalam perjalanannya.
Perubahan yang signifikan tadinya kini telah masuk kesemua elemen,terjadi pula di dalam tatanan pemerintahan .Pemerintah tidak saja harus mau dan bisa menerima kritik dan tuntutan tugas oleh reformasi ,dengan pemangkasan wewenang dan berbagai macam penambahan tugas baru pun ikut mewarnainya yang mana dalah hal ini pemerintah benar – benar harus dibawa dalam praktik good public governance (tata pemerintahan publik yang baik)dan juga clean government (pemerintah yang bersih),yang dalam untuk mencapainya benar-benar harus ada perubahan yang mendasar mencakup kelembagaan,sistem kerja,dan bahkan mind-set para pelakunya dari kalangan pejabat tinggi sampai ke karyawan (bawahan).
Reformasi yang oleh Qodri Aziz (2007) disebut sebagai “Tansformasi Birokrasi “ – sebenarnya dapat dianalogikan pada perubahan tingkat korporat (perubahan sektor swasta) yang tangah mengalami penurunan profit yang bahkan tengah mendekati level “pailit/kebangkrutan” ,walau kita akui memang batasan antara korporat dan pemerintah tidaklah sama.Yang mana Korporat berorientasi kepada Profit ,bedanya,selain harus mendapatkan Profit ,pemerintah harus dapat menjamin pelayanan,keamanan,keteraturan,kemajuan bidang ekonomi, dan kesejahteraan rakyat sekaligus.
Namun,meskipun reformasi sudah berjalan 10 tahun ,dengan kemerdekaan lebih dari 60 tahun,kritik kinerja terhadap pemerintah dan birokrasi kita justeru semakin mengalir deras.Hal ini disamping oleh kinerja yang jelek,iklim keterbukaan dalam sistem saat ini yang memungkinkan individu dapat menyampaikan kritik secara luas yang terkadang cercaan.Menurut Qodri,salah satu penyebab belum terwujudnya reformasi adalah karena transformasi birokrasi memang belum terwujud secara riil.Reformasi total tidak akan terjadi sebelum dilakukan perbaikan kinerja birokrasi.Namun,perbaikan kinerja tersebut tidaklah cukup dilakukan secara Ad-hoc,parsial,atau setengah-setengah.Maka dari itulah konsep “change management” harus dipikirkan sebagai usaha mereformasi birokrasi secara mendasar,di dalam negara yang tengah mengalami krisis multidimensi yang mengancam dari semua lini.
Sebuiah konsep tentunya tidak akan banyak berarti tanpa penerapan yang riil ,karena hakikat dari konsep itu adalah upaya dan implementasi nyata akan keberadaannya.Begitu juga halnyadengan change management dalam birokrasi,dalam hal ini terdapat uraian ringkas mengenai langkah konkret upaya yang dalam hal ini untuk menerapkan konsep change management dalam birokrasi.
Change management dalam pembenahan Birokrasi
Meskipun lebih dikenal di dunia korporat ,konsep Change Management (CM)perlu di implementasikan di dalam dalam public governance.Untuk itu harus ada upaya pengendalian tanpa kompromiatau toleransi ,sebagai langkah awal.Hal ini mengisyaratkan bahwa pelaksanaannya harus sesuai dengan dengan target dan goals yang telah diputuskan,serta diiringi dengan sistem kendali multidimensi untuk mutu yang ketat..Oleh karenanya konsep reward and Punishment yang jelas sekali ditetapkan ,haris berjalan secara berkesinambungan ,tanpa putus,sehingga semua sanksi harus dapat ditegakkan:law enforcement.Jika memang dipandang perlu ,dapat di buat semacam tim/badan khusus untuk mengawalnya.
Change management harus diawali dengan blue print atau rencana induk (grand design) dan dikawal dengan payung hukum yaitu dengan dilandasi dengan Perpres,PP.jangan menggunakan UU karena didalamnya nmasih rawan terjadinya tarik ulur politik ,yang notabenenya akan memerlukan tawar-menawar kepentingan . Yang disebut-sebut sebagai grand design ini bisa juga berupa konseptualisasi yang lebih detil dari salah satu aspek RPJM Nasional yang sudah dimiliki,namun tetap difokuskan pada change management pada birokrasi pemerintahanyang implementasinya minimal harus mencakup :
1.Menghentikan pendarahan ( Stop the bleeding)
Adalah tindakan yang dilakukan dan atau yang tidak dilakukan yang dapat mengakibatkan kehancuran sistem kinerja birokrasi yang semakin parah.Ini ibaratkan pendarahan yangbila tidak disumbat akan menyebabkan penyakit yang semakin menggerogoti kesehatan badan.Dapat dilakukan dengan meninjau fee oleh birokrat,inefisiensi penggunaan anggaran,lemahnya komitmen pimpinan birokrasi sertya integritas yang cacat.
2.Stop Lemahnya Komitmen Pemimpin
Dalam hal kepemimpinan,Kelemahan komitment inilah yang merupakan pendarahan hebatnya.yang mana harus terwujud dalam hati seorang pemimpin kesadaran terhadap adanya krisis yang dahsyat yang akan membawa malapetakadan kesengsaraan sistematis terhadap anak cucu bila tidak segera diselesaikan.maka dari itu caranya antara lain membuat semua pejabatdan birokrat menjadi well-informed.semua pejabat harus diberikan informasi dan sosialisasi mengenai pentingn ya reformasi dalam melakukan komitmennya tadi.
3.Stop Inefisiens Penggunaan Anggaran
Tema utamanya adalah Penyumbatan inefisiensi dalam kerangka managemen .Disini sistem penganggaran yang berbasiskan kinerja harus benar0benar diterapkan.Masalah prosedur hendaknya juga jangan mengalahkan orientasi outcome.
4.stop pemberian dan poenerimaan komisi
Praktik cacat berupa penerimaan fee,tip,komisi,atau apapun namanya oleh birokrat( dari PNSdi level rendah sampai pejabat tinggi) dari pihak yang memperoleh jasa dari kerja birokrasi,walau sekadar “uang rokok” yang akan menimbulkan budaya “pamrih” dan “tak tau malu,bergerak bila ada upah” yang akan menimbulkan efek negatif sepeti bahwa jika tidak ada fee ,birokrasi tidak akan melayani dengan baik dan maksimal,serta diskriminasi dimana-mana pun tak mungkin terhindarkan.
5.Stop Glamournya fasilitas
Sampai kini belum ada standard yang jelas mengenai fasilitas pejabat eselon satu ke bawah.Ini mencakup hal yang berkaitan dengan hal yang tampak semacam Rumah dinas,kantormmobil,hingga hal hal detil seperti pakaian,ATK dsb.Hal ini perlu diperhatikan dan dibentuk aturan main yang jelas dan transparan supaya tidak ada lagi penyimpangan dilapangan walau hanya dalam bentuk budaya “cek kosong”
6.Stop pemekaran Birokrasi Akibat pemekaran Wilayah
Pemekaran wilayah adalah inefisiensi yang luar biasa dari sisi keuangan.bisa di cek berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk infrastruktur,gaji pegawai,fasilitas-fasilitas yang harus disediakan negara untuk tiap daerah tingkatnya.
Aneh bin ajaib ketika birokrasi negara maju semakin efisiens,namun birokrasi kita justru semakin membengkak.Ketika negara maju inginkan penerapan sistem “merger” kita justeru menggembar-gemborkan pemecahan kekuasaan yang menghasilkan raja raja kecil di tiap wilayahnya.
Maka daripada itu harus diterapkan segera pertaturan ketat bahwa tiap daerah pemekaran harus mampu bermandiri dan self-suffency ,maka sebelum diadakannya pemekaran wilayah harus sangat dipertimbangkan secara rasional kematangan dan kemampuan wilayah tersebut dalam mengelola kekuangan dan standar sumber pendapatan asli yang harus menjadi hal yang sangat urgent nantinya.
Seta kebiasaan Gaji-13 harus dievaluasi,baik dari tataran teknisnya,maupun potongan khusus oleh pemerintah daerah tersebut juga harus dikawal keberadaannya.
7.Profesionalisme,Integritas yang harus sellu di”doktrin”kan kepada tiap otak dari pada pejabat dan birokrat