Pages

Wednesday, May 30, 2012

Spartans

dan pada khirnya,mungkin memang ini adalah takdir kita dilahirkan,
kita harus brave to face the fact
manusia mana yang inngin melihat kematian sanak saudaranya
manusia mana yang ingin ditinggalkan kawan kawannya
manusia mana yang ingin dikhianati,ditinggalkan ,diasingkan,dibunuh karakternya

namun ini lah kita dilahirkan
kadang aku muak
tetek bengek aturan
dan plintat plintut
mengemis ngemis kepada merka yang sebenarnya tak jauh lebih pecundang dan goblok daripada aku sendiri

lalu aku menyadari
hidup ini berdinamika
apapun itu
apapun itu kisahnya

aku takkan memulai

aku takkan mulai membenci bila kalian tak lebih dahulu memulainya
apatah itu berkhianat
atau salig menghujat

mereka yang mengatasnamakan cinta dan kekuasaan diatas nilai nilai prsahabatan boleh dibenamkan ke lubang buaya,

tapi ,ini relevasi
belajar bijak
adalah sebuah perkataan yang baik

buang dendam yang semakin berkembang
bunuh benci yang semakin menguasai

yang ada
cuma
hadapi realitas tanpa harus mengorbakan harga diri apalagi moralitas


eFEK pktm BEM FISIP

SEMPURNA!




JAMAL DAN AFNI MENDUDUKI POSISI URUTAN DENGAN SYUIB THEY ARE MY BEST FRIEND  IN IP'10 ALSO CHANDRA HE'S GOOD

LPJ

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN KEGIATAN  DISLITBANG
 TAHUN ANGGARAN 2011-2012

Unit Kerja    :  Dislitbang
Program    :     Pengembangan Kreativitas Mahasiswa
Kegiatan    :  Pelatihan Karya Tulis Ilmiah 1 pada 1 Oktober 2011

A.    Analisis Pencapaian Kinerja Kegiatan    1.    Kegiatan tidak dapat berlangsung sesuai dengan yang direncanakan, khususnya masalah kehadiran peserta.Peserta yang didatangkan terbuka dari semua jurusan.Namun mayoritas peserta berasal dari FISIP dan FEKON UR sendiri
2.     Upaya yang ditempuh adalah setiap menjelang hari pelaksanaan peserta diingatkan melalui sms ke setiap Ketua HMJ dan juga sosialisasi melalui jejaring sosial dan juga media cetak seperti pamflet dan spanduk
3.    Pendapat dari sebagian peserta, kegiatan semacam ini perlu ditambah jamnya dan dilakukan secara rutin setiap tahunnya agar terjadi kesinambungan.
4.    Setelah pelatihan berlangsung diperlukan kegiatan pemantauan atas implementasi hasil pelatihan agar lebih efektif dan membudaya.
B. Tujuan    Memberikan tambahan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa terkait bidang keterampilan dalam bidang karya tulis ilmiah
C. Relevansi Kegiatan    Kegiatan adalah terobosan baru oleh HIMIP kepengurusan 2011-2012 dibawah Dinas Penelitian dan Pengembangan

D.    Sumber Daya (inputs)
     SDM    Rencana    Realisasi
    a.    Susunan Panitia,
b.    Teknisi
c.    Pelatih/Narasumber,

d.    Peserta     9 orang
 2 orang
 3 orang

100 orang     9 orang
2 orang
3 orang
(tidak terjadi perubahan)
100 orang
(sebagian tdk hadir)
    Biaya    Rencana    Realisasi
    Konsumsi    :

Alat Tulis Kantor:    Rp.4000.000
Rp.500.000    Rp.4.200.000
Rp.500.000
    Jumlah    Rp.4.500.000    Rp.4.200.000
    Sumber Dana
Sumber dana untuk kegiatan ini bersumber dari biaya administrasi peserta
 Dan dari pihak Fakultas
E.    Mekanisme dan Rancangan (process)   
Sesuai dengan Progja dan kesepatan yang telah di rembukkn,untuk menunjang kreativitas mahasiswa, HIMIP terus melakukan kegiatan - kegiatan yang notabenenya merupakan terobosan-terobosan dan perbaikan-perbaikan disemua Lini.Termasuk diantaranya untuk memberikan "pembaharuan itu" HIMIP yang dalam hal ini termaktub dalam Program Kerja DISLITBANG ,yang mana setelah di teliti melalui prosedur  kerja nya ,menemukan bahwa  hal yang paling Vital dan dibutuhkan oleh Mahasiswa baru 2011,dan juga menjadi permasalahan yang dibutuhkan AKSI kongkret ,yaitu masalah di dalam bimbingan pembuatan Tugas yang berupa Makalah,Paper,bahkan Proposal Ataupun Skripsi.Kemudian daripada itu,kegiatan ini juga dilatarbelakangi untuk merespon gerakan mahasiswa yang dinilai "stagnant" pasca reformasi '98 dan kondisi Bangsa yang butuh sebuah "paradigma dan Peradaban" baik untuk negeri ini,maka dari itu dengan tema "menuju generasi MATA PENA" berjuang dengan belati Intelektual tajamnya,akan menggugah dan melatih Mahasiswa ILmu Pemerintahan di bidang Tulis Menulis
F.  Keluaran (outputs)    Uraian    Rencana/Target    Realisasi
    Terlaksananya Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah     2  kali pertemuan dalam satu hari
    Terealisasi
G.  Hasil  (outcomes)    Uraian    Rencana/Target    Realisasi
    Peserta mendapatkan pengetahuan mengenai dunia karya tulis ilmiah   
100 orang   
100 orang
J.     Indikator Keberhasilan    Uraian    Rencana/Target    Realisasi
     1.Terlaksananya kegiatan PKTI 1 yang dihadiri sesuai dengan target yang telah ditentukan   
100 orang   
100 orang

Mengetahui
Bupati HIMIP



..................................
NIM  …………….    Pelaksana Kegiatan/Ketua Panitia




……………………………..
NIM………………..


The looser

The looser atau pecundangitu...
1.Pas pnghtungan suara tidak bisa menghadiri penuh
2.Gagal berpacaran
3.takut menjalin hubungan baru
4.Kalah dalam pemira tingkat jurusan
5.Punya banyak teman dan pengkhianat

wah kalau begitu aku ini pecundang donk? minjam istilah si daus,jangan anggap ini kompetisi anggap ini sebuah perlombaan,jadi ini cuma persoalan ikhtiar...daus emang keren dalam hal ini.

lebih baik jadi pecundang dalam perlombaan dari pada mengkhianati prinsip prnsip diri wah ;laxuwdfyr pemanfaaatan pepatah dalam tameng pembenaran nih

kampung dan kampungan

Aku ini orang kampung,buktinya walau keluarga banyak di pekanbaru,masih pengen pulang ke kampung,wah kampungan sekali,tapi kata bang kaka "harimau itu umumnya berasal dari kampung" kata kata ini luar biasa,atau lebih tepatnya mereka yang terbiasa SURVIVE untuk bertahan hidup dalam menghadapi Chalange akan memiliki pola berpikir lebih bijak dan lebih lebih daripada makhluk malas yang dihinggapi kehidupan serba ada,atau euforia kehidupan berupa fatamorgana serba ada.

Pokoknya aku ingin pulang kampung,melihat kandang kandang ayam ayah yang emakin luar biasa,melihat kolam ikanku yang isinya ular dan biawak semua,melihat adek kecilku cintaku satria yang semakin ganteng saja,atau sekedar mencum dan sujud penuh seluruh di masjid samping rumah,atau pula bagaimana nikmatnya melihat darah yang mengalir ketika proses penyembelihan ayam berlangsung,bernegosiasi dan buat keputusan mengenai penjualan ayam ayah.Juga melihat rentetan motor yang saat subuh tua sudah pergi ke pohon karet
atau bahkan berpanas panasan menambang emas kecil kecilan bersama penduduk kampung

ya
harus diakui ini menyenangkan
dan
aku memang kampungan (titik)

Ideologi

Ada banyak teori tentang Ideologi,ideologi sebenarnya cara pandang yang dijadikan kacamata paling baik.Cuma manusia manusia hina menggunakannya sebagai cara untuk memisahkan ras nya atas ras manusia lainya.Ideologi juga dianggap alasan paling halal untuk membantai bayi bayi tak berdosa.Juga kerap dilakukan untuk menodai derajat wanita dimuka bumi.Kadang ideoogi juga digunakan untuk melegalkan hubungan menjijikkan ala kaum Luth.Jadi kesimpulannya Ideologi adalah sampah dalam kehidupan.Berbahagialah mereka yang tidak hipokrit membedakan satu dan lainnya.Berbahagialah terbentuknya suatu tatanan negara yang bisa diterima akal sehat soal peraturan hukumnya.

Pola Perlawanan Rakyat Lemah

Pola Perlawanan Rakyat Lemah 

sumber: http://mrawaelamady.blogspot.com/2012/05/pola-perlawanan-rakyat-lemah.html

Melalui tulisan ini saya ingin menyampaikan  bahwa para antropolog mencoba menagkap phenomena pelawanan rakyat kecil terhadap kekuasaan yang sering lepas dari pengamatan para ilmuan politik dan penguasa. Bahwa tidak ada alasan bagi rakyat kecil untuk tidak melakukan perlawanan terhadap kekuasaan yang zalim. Kalau kekuasaan bisa dijatuhkan dengan gossip, fitnah, dongeng mengapa harus menguras enerji melakukan konflik secara terbuka 

Kajian ini dimulai sejak Foucault (1977, 1979, 1994) menawarkan konsep kekuasaan dan resistensi (perlawanan). Pemikiran kekuasaan dari Foucault tersebut mendapat tempat secara empirik melalui kajian James Scott (2000) Lila Abu-Lughod (1986) Peluso (2006) dan  Ong (1987).  Bahwa memahami kekuasaan harus dengan cara menyebar tidak hanya berbentuk otoritas semata. Begitu juga cara memahami konflik tidak lagi harus frontal bertemunya dua kekuatan secara langsung, tetapi perlawanan bisa dilakukan oleh siapa saja dalam bentuk yang bermacam-macam, baik secara simbolik maupun menghindar. Kekuasaan yang menyebar dan konflik yang semakin tidak langsung dan perlawanan yang semakin halus menjadikan resistensi semakin cultural.

Foucalut . melihat kekuasaan sebagai seluruh struktur yang menekan dan mendorong tindakan-tindakan lain melalui rangsangan, persuasi atau juga melalui paksaan dan larangan. Kekuasaan tidak datang dari atas ke bawah, tetapi menyebar di mana-mana baik pada individu, organisasi atau institusi. Kekuasaan metafisis yang dimilki seseorang akan membantu orang tersebut memaknai dirinya dan mengidentifikasi dirinya secara mandiri. Oleh karena itu, penyebaran kekuasaan tersebutlah memberi ruang kepada masyarakat yang lemah untuk melakukan resistensi dengan strategi yang dibangun pada konteks mereka sendiri. 

Anwar Holif (2006) mengindetifikasi resistensi Faucoult memiliki semangat yang sesuai dengan konteks dan ciri yang beragam. Resistensi bisa berupa wujud dua gerakan strategis yang kontradiktif, yaitu melakukan pemberontakan sedangkan yang lain malah mengisolasi diri. Karena manusia sebagai subjek kekuasaan, maka setiap manusia akan melakukan resistensi terhadap kekuasaan lain, tidak mesti berhadapan langsung. Kalau kekuasaan bisa dijatuhkan dengan gossip, fitnah, dongeng mengapa harus menguras enerji melakukan konflik secara terbuka. 
 Scott (2000) misalnya mencatat pola gerakan sosial sebagai sebuah perlawanan dipandang tidak mampu mewadahai bagian terpenting dari perlawanan kaum tani yang diekspresi melalui kerja seenaknya, mengelabui, taat yang dibuat-buat, mencuri kecil-kecilan, pura-pura bodoh, memfitnah, membakar rumah, menyabot dan seterusnya. Pada studi empiriknya terhadap petani di Kampung Sedaka Malaysia, Scott mengambarkan secara detail perlawanan kaum tani terhadap mesin permanen, dan menghindari persaingan dengan  sangat hati-hati, perorangan dan sembunyi-sembunyi. 
Kajian  Lila Abu-Lughod (1986) di Mesir menunjukkan bahwa perempuan Mesir melakukan perlawanan sehari-hari untuk menghindari kontrol dari keluarga dan lingkungannya. Kaum perempuan menghindar dan melakukan aksi tersembunyi melalui puisi yang bernada sindirian dan menjalin kerjasa sama dengan sesama perempuan. 
            Sementara kajian Ong (1987) menemukan bentuk perlawanan yang dilakukan perempuan pekerja pabrik di Pantai Selangor. Perempuan pekerja pabrik yang berada dibawah kekuasaan keluarga, pemilik pabrik, mandor, target produksi, di lawan dengan berlama-lama di taoilet, berlama-lama sembahyang, merusak alat produksi, dan apabila memuncak mereka melampiaskan dengan melihat hantu lalu kemasukan.  Walaupun resikonya mereka akan diberhentikan dari pabrik tersebut. 
            Studi Sosiologi Sejarah yang dilakukan oleh Nancy (2006) tentang perhutanan di Jawa menunjukkan bahwa pola-pola perlawanan masyarakat pinggir hutan jati. Mulai dari mencuri hutan, mengeroyok rimbawan, perempuan yang telanjang mencuri jati di sungai, dan gerakan kaum Samin yang tidur diatas tanah yang sedang diukur, berbicara dalam teka-teki dan menolak mengikuti ritual desa. 
Kajian-kajian diatas menunjukkan kepada kita bahwa masyarakat lemah mampu melakukan perlawan dengan cara dan konteks sosial mereka bukan hanya terhadap kekuasaan yang melemah tetapi justeru terhadap kekuasan yang sedang kuat. Hal ini disebabkan gejala resistensi tidak melihat kekuasaan hanya bersifat otoritas dari atas ke bawah, tetapi kekuasaan ada pada setiap orang tinggal bagaimana mengotimalkan kekuasaan tersebut untuk diri. 


Bacaan 
Abu-Lughod, Lila. 1986. Veiled Sentiments: Honor and Poetry in a Badouin Society. Berkeley, CA: University of California Press. 
Anna Lowenhaupt Tsing, 1998 Penerjemah Achmad Fedyani Saifudin, Dibawah Bayang-Bayang Ratu Intan; Proses Marjinalisasi Masyarakat Terasing, Yayasan Obor Jakarta.
Foucault, Michel,(1972)  Archaelogy of Knowledge, New York: Pantheon
Foucault, Michel,(1979) History of Sexuality, Vol 1: The Will to Truth, London: Penguin Lane.
Foucault, Michel,(1994)  Essentials Work of Michel Foucault, Vol 3: Power, London:Penguin Lane.
Foucault, Michel,(1980) Power/Knowledge, Selected Interviewa & Other Writing 1972-1977, New York: Pantheon
Holid,Anwar.  2006, “Membuat Peluang Mencari Peluang: Komunitas Tokoh Buku Alternatif, Literasi, Risestensi Gaya Hidup” dalam Aldin, Alfathri, 2006, Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas, Yogyayakarta. Jalasutra.
Nancy Lee Peluso, 2006, Penerjemah Landung Simatupang Hutan Kaya Rakyat Melarat; Penguasaan Sumberdaya dan Perlawanan di Jawa, Konphalindo, Jakarta 
Ong, Aiwa. 1987. Spirits of Resistance and Capitalist Discipline. Albany: SUNY Press 
Saifuddin, Ahmad Fedyani, 2005, Antropologi Kotemporer ; Suatu PEngantar Kritis Mengenai Paradigma, Jakarta, Prenada Media.
Scott, James, S, 2000, (terjemahan) Senjata Orang-Orang Kalah : Bentuk Perlawanan Sehari-hari Kaum Tani, Jakarta, Yayasan Obor

Entri mereka yang jadi panutan kampus

1.Pii
2.Ucup
3.adek adek ip 2011
4.Bang kaka
5.Bang ari
6.bang saldian
7.abang abang dan senior ip 2009 (bg beli,bg jeje,bg idam,bg nara,bg eko,bg edi ,bg rejak,bg jali,bang pajardllkecuali pengkhianat hina entah berantah
8.bg lindra
9.bg remon (terlepas dari sikapnya entah berantah dalam pemira ip
10.syuib
11.dauz
12.All kawan kawan hmi (kecuali mereka yang sempat slek karena mencaci maki aku pas demo)
13.bg yulan,mas agung
14.bg fruq
15.pengurus bem unri pengabdian
16.bg adriyus dan kawan kawan pengurus bem fisip sekarang
17.All kawan kawan kelembagaan jurusan lain di fisip tanpa terkecuali
18.Jamal,afni ,kodrat,vina dan kawan kawan mapala sakai
19.semua dosen ,kecuali sampah! yang ngasih aku nilai c,cuma karena alasan demo
20 kawan kawan dan adek adek di green house
21.kawan kawan kammi,satma yang masih bisa menerima perbedaan ideologis (sampah kehidupan) dalam kehidupan mereka
22.2010,diragukan kecuali yang nyotreng nomor 2 kemaren

dan spesial but kawan kawan fb,serta someone who in my sweetest heart

tentang sahabat

Sahabat itu harus lepas dari nilai kesetiaan
karena barang haram bernama Politik melegalkan sebuah pengkhianatan
karena barang aneh bernama cinta bisa saja tiap waktu menawarkan sebuah pengkhianatan

jadi bersahabatlah
tanpa harus membumbuinya dari nilai kesetiaan
tanpa harus menanamkan cinta didalamnya

bersahabatlah
tanpa harus menjadikan politik sebagai tiang
bersahabatlah
bersa hati yang tulus tanpa maksud disebaliknya

bahkan bersahabatlah
tanpa ada batas teritorial dan doktrin maupun campur tangan agama didalamnya

Sahabatlah
tanpa nilai yang harus mengangkanginya
kecuali nilai atau value yang bisa diterima dalam konsep persahabatan itu sendiri
Kepercayaan

Aku APA?

Apakah aku fundamentalis?
lalu kenapa aku masih bebas berkata bahwa  Semua manusia itu akan diberikan tempat yang sama di mataNya?

Apakah aku seorang Liberalis?
lalu mengapa aku masih ingin membunuhi mereka yang abnormal dalam urusan Seks dan juga mengnginkan kematian bagi para Jewish yang mengangkangi kehidupan mereka yang palestine

Apakah aku seorang Komunis?
lalu mengapa aku sangat tidak menyukai pemikiran bahwa Negara Harus mengatur kehidupan individunya?

Apakah aku pancasilais?
ya mungkin saja
karena tidak ada yang layak untuk menggantikannya dan menjaminnya
sebuah kehidupan dalam tataran Agama
dan dibumbui oleh negara yang menganut paham perbedaan

Aku Islam
dan ini adalah sumber hukum yang sampai dunia ini berakhir layak menjadi acuan

lalu pada akhirnya aku bertanya dan membantah

aku islam
tanpa harus melegalkan Poligami sebagai pilihan hidupku
tanpa pula harus menanamkan kobaran benci ketika dunia dalam damai bersemayam
tanpa itu semua

semoga ini aku

Soal mati

Soal mati let its flow aja
banyak kaum yang bilang mati itu ditangan tuhan
cuma mengapa bisa setiap waktu kita merencakan mati bunuh diri?

tetap saja mati itu ditangan tuhan,karena masih ada kaum harakiri namun tak mati mati
ini cuma persoalan plintat plintut yang belum terjawab oleh ilmu pengetahuan
yang tuhan berikan cuma layaknya satu celupan kecil diantara luasnya samudera

yang jelas
ada benarnya
bahwa tidak dilahirkan itu adalah yang terbaik
mati muda itu yang terbaik

lalu mengapa kita dilahirkan?
apakah untuk mati?

tidak..
aku kurang sepakat
aku dilahirkan untuk menikmati dunia
untuk mempersiapkan dunia yang tak tertebak oleh akal setelah mati
maka SAMPAHlah mereka yang mengkhianati soal kelahiran


HMI,bang Misbah dan bukunya

Tiap malam ku baca artikel anak HMI
mengapa mereka begitu intns
organisasi tua yang seharusnya sudah karatan

organisasi besutan Lafran Pane atas  pandangannya soal visi Indonesia kedepan
organisasi aneh yang katanya telah disusupi pikiran Liberal ala Amerika

Ada banyak perspektif
aku kira dari dialektika kawan kawan HMI dengan pikirannya
Demo demo massa yang ditajanya
seharusnya masing masing anak HMI menuangkan gagasannya
satu ide cukup untuk satu buku

Aku bukan pemuji atau atau penjilat
sekali kali bukan

tapi aku hanya seorang manusia yang terlahir premateur
yang diciptakan dengan alasan oleh Zat tak terdefenisi yang disebut Tuhan
untuk satu tujuan


Berjayalah HMI
bangkitlah
buat dunia mengerti perjuangan mu

Berkaryalah Bang..buat mereka paham atas semua keputusanmu

Dan soal buku
Sampai mati otakku akan diperkosa olehnya

Dan biarkan suatu saat nanti

Semua orang mengerti
bahwa buku bukan hanya sarana paling Halal untuk memperkosa otak seseorang

biarkan orang sadar
bahwa buku lebih dari sekedar bahan caaan dosen dan guru guru Goblok diluar sana


Bahwa buku lebih dari sekedar itu semua

ia adalah sana untuk tetap hidup dan dikenang di belantara dunia semakin kacau

ia adalah manifestasi Ruh ruh yang tak pernah mati sepanjang jalan kehidupan

ia adalah tempat para penghasil pemberontak berikutnya
ia juga melahirkan koruptor koruptor jalang berikutnya
ia juga penghasil atheis maupun fundamentalis

maka

Jangan biarkan aku mati kelak nanti

sebelum aku menulis sebuah....

Buku

Love and Sex

lalu datanglah seorang lelaki padaku,
bercengkrama bersama gadis cantik yang tiap hari menerima janji janjinya
tak lama setelah itu wanitanya menangis karena tak ada komitmen

Bersamaan itu pula
datanglah wanita padaku
bercengkrama soal dunia dan gemerlap impiannya
berceritera tentang mimpi mimpinya bersamaku
lalu aku pergi menatap bintang
ini kah cinta?

Lalu aku bertanya pada diri,jika begitu apakah beda cinta dan seks?
diantara mereka ada yang menyamakannya,ada pula yang mengingkarinya

Aku baca buku ,Soe Hok Gie bilang
tidak ada cinta,dan dia tak percaya cinta,yang ada cuma nafsu seorang lelaki pada gadisnya,ataupun sebaliknya..namun pada akhirnya Gie takluk ...dia mengakui,ketika dahulu dia mendekati seorang wanita,tanpa seks pun ia menyukainya,tanpa nafsupun ia menyukainya..mudah mudahan ini yang disbut cinta

Aku pun begitu,
berjuang untuk memisahkan dua hal ini
Cinta itu mungkn hanya angan angan,sesuatu yang abstrak namun menghasilkan tindakan nyata,bukan hanya terletak pada keindahan tubuh,bukan pula pada hubungan yang...17 tahun keatas,bukan pula cinta bisa dipresentasikan terhadap hubungan biologis

Cinta itu datang seiring adanya komunikasi intensif
tanpa itupun cinta bisa bersemi

orang bilang cinta itu pada harta
buktinya Cassanova bisa menundukkan Putri raja hanya dengan bualan dan rayuan

Lalu dimanakah cinta?
Apa ia layak disejajarkan dengan nafsu?

tidak..


Aku bukan seorang yang terlalu paam soal agama,
cuma dalam agamaku itu semua diatur...
bagaimana memperlakukan wanita sesungguhnya
bukan ala jahiliyah yang menjadikan mereka eksploitasi seks belaka

ini persoalan urgent
karena cinta semua rela berkorban
karena cinta semua rela mati/
apakah cinta itu lebih daripada fantasi akan Tuhan?


Tidak..

Dahulu aku pun pernah merasakannya
menyukai mereka yang elayaknya tiada alasan semacamnya
 lalu apakah aku layak menerjemahkan cinta itu suka?

lalu pada suatu hari aku mengagumi seseorang karena kecerdasannya
lalu apakah layak aku simpulkan cinta itu kagum?

Pada suatu hari
aku melihat gadis yang berharmoni
Kesempurnaan yang dititipkan Tuhanku dan nya
seungguh molek dengan keanggunannya
lalu apakah ini cinta?
atau hanya nafsu semata?


Lalu dimana ia?

Entahlah...

Kini ku biarkan waktu menjawabnya...

Senioritas

senioritas,merupakan kata baru yang dibuat untuk memperlakukan manusia yang satu dan lainnya yang bermaksud untuk sok menaikkan derajat manusia yang satu dimata manusia yang lainnya.

yang sebenarnya yang terjadi adalah menjadikan manusia yang satu sebagai binatang dimata manusia lainnya yang diperlakukan sebagai binatang

jadi inputnya adalah sampah dan outpunytya adalah sampah

logikanya jika ini dijadikan sebuah tradisi
jadilah sampah sampah berwujud binatang bianatang di dalam kampus ala jaman jahiliyah
yang beranggapan
bahwa persahabatan bisa dieratkan dengan permusuhan
maka \

lawan atau tunduk menjadi binatang yang sama?>

meresahkan

RZ semakin menjadi gila,pon semakin kurang jelas,disatu sisi pon harus didukung,infrastruktur nya luar biasa,disisi lain.pon juga menjadi ajang sosialisasi,negeri melayu ini negeri koruptor menjadi jadi,negeri rejim orba menjadi jadi,negeri para pemalasa,mahasiswa apatis ala kota kota besar menjadi jadi

dikampus semakin menjijikkan,selain eksternal yang semakin tak jelas arah geraknya,ada pula di fakultas ,manusia manusia aneh berego "otak jongkok" yang berprinsip,bahwa kader yang menjadi ketua hmj sampai bem harus murni dari kader fakultas.

dari sisi normatif ini mungkin saja benar adanya,karena campur tangan eksternal uga seperti bangkai anjing kelaparan yang akan dilahap sesama anjing.Tapi disisi lain.memberikan amanah kepemimpinan organisasi hmj dan bem kepada manusia bodoh yang tahunya  organisasi adalah wadah untuk kongko kongko,bermain musik,bersuka ria dan bersenang s=enang dan tak paham apa itu perjuangan adalah IDE GILA yang berasal Dari SAMPAH SAMPAH KAMPUS yang tak jelas arah geraknya.